Beranda » Cara Cepat Hafal Al-Qur'an » Bagaimana Cara Menghafalkan Al-Quran

Bagaimana Cara Menghafalkan Al-Quran

Kali ini kita belajar menghafal Al-Qur’an dari salah seorang saudara muslim nun jauh di Amerika ,beliau adalah Nihal Khan ,Nihal lahir dan dibesarkan di New Jersey dan meraih gelar sarjana di bidang Psikologi dan minor dalam Bisnis dari Montclair State University dan diploma dalam bahasa Arab dari Bayyinah Institute. Dia mulai menghafal Al-Qur’an di Darul Uloom New York dan selesai pada usia tujuh belas di Saut al-Furqan Academy di Teaneck, New Jersey. Dia lalu melanjutkan kegiatanya untuk memimpin shalat Taraweh setiap tahun sejak saat itu. Seiring dengan kemampuanya yang mampu menghafalkan 30 Juz Al-Qur’an, Nihal dipanggil untuk menjadi  Asisten Imam di daerah Bergen County untuk menggantikan imam utama ketika berhalangan hadir. Saat  ini ia bekerja sebagai Chaplain Muslim di penjara county di New Jersey dan juga mengajar di Univeritas Pendidikan  di Studi Agama.

Berikut adalah metode yang Beliau sampaikan

Menghafal Al-Qur’an

Dalam menghafalkan Al-Qur’an kita harus memahami 3 hal,yaitu :
1 ) Pelajaran Baru ,
2 ) Hafalan Baru ,
3 ) Hafalan yang sudah lama (Tua) .

Saya akan memberikan penjelasan singkat pada masing-masing kategori dan kemudian akan menunjukkan kepada Anda bagaimana cara mengahafal dan menambah hafalan . Harus kita pahami bahwa  untuk  menghafal Al Qur’an untuk jangka yang panjang adalah proses yang memakan waktu kurang lebih sebulan. Setelah Anda menghafal sebuah ayat , tidak akan mudah  sampai Anda mengulanginya beberapa kali sampai masuk benar-benar masuk  bagian yang paling dalam di dalam otak kita .

1.Pelajaran baru
Ini adalah langkah awal ketika Anda ingin menghafal . Jika Anda ingin serius tentang menghafal , Anda harus mengikuti tips ini persis seperti yang tertulis di bawah ini .
1 ) Bacalah tiap  halaman minimal 10 kali.
2 ) Membaca ayat pertama pada sebanyak 10 kali sambil sesekali melihatnya
3 ) Sekarang membaca ayat yang sama 10 kali tanpa melihatnya , sampai Anda dapat membacanya tanpa kesalahan .
4 ) Mulailah menggabungkan ayat . Ucapkan pertama dan kedua ayat bersama-sama tanpa melihat dan tanpa kesalahan .
5 ) Tetap menggabungkan ayat pada halaman . Setiap kali Anda menghubungkan ayat baru , kembali ke bagian atas halaman dan baca sampai ayat yang telah Anda hafal .
6 ) Ketika Anda mencapai ayat terakhir, mengulang semua hafalan Anda.
7 ) Setorkan hafalan. Anda tidak boleh membuat kesalahan .
8 ) Anda harus mengulangi hafalan beberapa kali ,sampai benar-benar tersimpan didalam otak Anda .

2.Hafalan Baru
Ini adalah jumlah Qur’an yang telah Anda hafal dalam 30 hari terakhir . Perhatikan hal ini dengan serius ,karena akan menentukan apakah ayat yang telah Anda hafal akan bertahan dalam waktu yang lama dalam hidup Anda atau tidak . ( Mempertahankan / Mengulang Al- Qur ʾ an adalah proses 25 hari . Setelah itu 25 hari , meninjau sebulan sekali akan cukup . Hal ini akan mengarah pada ‘ hafalan lama’ yang akan kita  bahas selanjutnya.
1 ) Anda harus muroja’ah hafalan Anda dan menyetorkanya kepada seseorang yang ahli dalam membaca Al-Qur’an.
2 ) Jika dalam sehari Anda telah berhasil menghafalkan 1 halaman ,maka yang harus Anda lakukan adalah muroja’ah dan menyetorkanya kepada sesorang sampai benar-benar tidak ada kesalahan.
3 ) Dari titik ini , apa pun yang Anda menghafal , itu harus dibaca setiap hari . Ketika saya mengatakan membaca , itu berarti terakhir untuk diri sendiri tanpa kesalahan dan dibacakan kepada orang lain .
4 ) Jika karena alasan tertentu Anda tidak meninjau ‘ hafalan baru’ Anda untuk hari itu , maka jangan menghafal ayaat baru. Anda menuangkan air ke dalam cangkir w / lubang . Setiap hari Anda tidak meninjau ‘ menghafal baru , ‘ Anda membuat lubang di cangkir Anda lebih besar dan lebih besar sampai Anda tidak akan ingat apa-apa ! ( Jika Anda tidak meninjau halaman selama tujuh hari berturut-turut , kembali ke ‘ pelajaran baru ‘ dan kembali menghafal halaman) .
5 ) aku terdengar agak berlebihan di sini , karena saya tidak bisa berbaring lagi penting pada berapa banyak yang Anda butuhkan untuk meninjau ‘ hafalan baru . ‘ Itu akan membuat / istirahat hifdh Anda .
6 ) Jika Anda menghafal halaman sehari, Anda akan menyelesaikan juz dalam 20 hari . Setelah dua puluh hari , butuh waktu lima hari ekstra untuk meninjau seluruh juz dengan seseorang mahir .
7) juz Anda sudah hafal sekarang akan dianggap sebagai bagian dari Anda menghafal tua. ‘

Menghafal tua
Ini adalah apa pun yang Anda telah memeriksa setidaknya dua puluh lima hari berturut-turut . Jumlah yang Anda meninjau tergantung pada seberapa banyak Anda telah hafal Al-Qur’an . Setelah Anda hafal Al-Qur’an ( yang saya berdoa adalah segera untuk kalian semua berusaha menghafalnya ) , pelajaran baru dan hafalan baru akan datang untuk berhenti , dan Anda akan ditinggalkan dengan menghafal tua . Hal ini akan terus berlanjut selama kiri kehidupan kita sampai maut tidak memisahkan kita .
1 ) Harian

Antara 1-3 juz , Anda harus meninjau lima halaman setiap hari .
Antara 4-7 juz Anda harus meninjau 10 halaman ( yang sama dengan setengah juz ) setiap hari .
Antara 7-15 juz , Anda harus meninjau 20 halaman (yang sama dengan satu juz ) setiap hari .
Antara 15-20 juz , Anda harus meninjau 30 halaman ( yang sama dengan 1,5 juz ) setiap hari .
Antara 20-30 juz , Anda harus meninjau 60 halaman ( yang sama dengan 2 juz ) setiap hari .
2 ) Baca juz untuk diri sendiri kemudian membacakan kepada guru / Hafidh .
Proses ini akan terus berlanjut selama sisa hidup Anda .
3 ) Dalam ‘ menghafal lama , ” Anda tidak harus mendapatkan lebih dari empat kesalahan , atau empat gagap dalam juz a .

Sebuah kesalahan mengklasifikasikan sebagai salah membaca sesuatu dan tidak mampu untuk memperbaikinya . Sebuah gagap mengklasifikasikan membaca sesuatu tidak benar , yang dikirim kembali beberapa ayahs untuk memperbaikinya , dan akhirnya membaca dengan benar . Pada saat yang sama , Anda harus membuat lebih dari satu kesalahan atau satu gagap untuk setiap lima halaman yang Anda baca .
pernyataan Penutup
Ketika saya menemukan sebuah ayat menjadi keras , saya akan melihat ke mushaf dan menulis di suatu tempat . Pada saat saya juga akan mendengarkan bacaan untuk memudahkan menghafal bagi saya ( saya sarankan Sh . Husary ) . Kadang-kadang mencari dan mengulanginya tidak akan membuat ayat tongkat , sehingga melakukan apa pun untuk mengingatnya !
Jika Anda goyah agak di menghafal lama , itu ok. Hanya jangan lewatkan dua sampai tiga hari sekaligus. Membaca Al-Qur’an merupakan usaha seumur hidup .
Meninjau lebih penting daripada menghafal .
Fokus pada menyempurnakan ‘ pelajaran baru’ dan ‘ hafalan baru . ‘
Jika Anda merasa beberapa bagian tidak kuat , memberikan preferensi untuk meninjau bagian itu daripada menghafal sesuatu yang baru .
Membaca sesuatu sehari-hari. Tidak hanya harus kita lakukan ini sebagai mahasiswa hifdh , tetapi harus kebiasaan kita sebagai Muslim . Saya katakan , jangan mengatakan ” Saya sudah hafal jumlah x Qur’an hari ini , jadi tidak perlu membaca dan merenungkan . ” Beberapa waktu untuk membaca dan merenungkan beberapa ayat harian Mengambil .

Ini adalah metode yang optimal yang saya temukan mudah untuk diriku sendiri untuk menghafal . Hal itu dirumuskan dalam pikiran saya empat belas tahun sebagai mahasiswa Qur’an yang merasa sulit untuk menghafal buku Allāh itu . Aku bertanya bantuan Allāh , dan saya merasa metode ini adalah jawabannya .
Saya berharap Allāh memfasilitasi menghafal buku -Nya bagi Anda semua , dan memberkati Anda dengan Ramadhan positif tak terlupakan di mana Anda mencapai semua tujuan hidup Anda .

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: