Beranda » Balita pun Hafal Al-Qur'an » Mendidik Anak Sejak Dini

Mendidik Anak Sejak Dini

islamedia.co hafal al-quran

Cara mengajari anak membaca alquran sangat penting diketahui oleh para orang tua yang menginginkan anaknya agar bisa membaca alquran dengan benar. Cara mengajari anak membaca alquran bisa kita terapkan di dalam kehidupan sehari-hari, bisa di mulai dari usia sedini mungkin bahkan semenjak bayi belum lahir.

Cara mengajari anak membaca alquran :

1. Bunda cara pertama jika anda ingin mengajari anak membaca alquran adalah perdengarkan ayat alquran setiap hari di rumah tidak menjadi masalah apakah anak mendengarkan atau tidak baik ia main-main atau melakukan aktifitas apapun di dalam rumah tetapi otak bawah sadarnya tanpa si anak sadari merekam bacaan alquran yang ia dengar. Bahkan mungkin anak akan hapal dengan sendirinya ayat-ayat alquran yang sering ia dengar dan anda akan merasa sangat takjub. sama seperti kalau kita sering memperdengarkan lagu-lagu dewasa tanpa anak sadari ia menjadi hapal lagu tersebut.

2. Konsisten
Bunda untuk mengajari anak membaca alquran syarat utamanya anda harus konsisten jangan putus-putus karena kekonsistenan anda adalah parameter keberhasilan anda dalam mengajri anak membaca alquran.

3. Menjadi sauri tauladan bagi anak
Ini sangat penting untuk bunda dan ayah perhatiakan karena anak adalah peniru yang hebat maka otomatis anda sebagai orang tua yang sering bersamanya yang akan ia tiru pertama kali, kalau anda sering membaca alquran dan menghapalnya maka secara otomatis anak-anak anda akan melihat dan lama kelamaan mereka akan meniru anda membaca alquran walaupun mungkin masih banyak salah tetapi paling tidak mereka sudah mengenal alquran sejak kecil.

4. Bacakan ayat-ayat alquran sejak anak masih dalam kandungan
Bunda ternyata banyak yang sudah membuktikan hal ini banyak ibu-ibu yang merasa takjub saat anaknya berusia 2 tahun kata yang pertama keluar dari mulutnya adalah ayat alquran ternyata setelah di tanya pada kedua orang tuanya bahwa waktu di dalam kandungan orang tuanya sering membaca ayat-ayat alquran. Ada seorang ibu yang waktu hamil sering membaca surat al kahfi maka anaknya waktu belajar bicara kata yang pertama ia ucapkan adalah surat alkahfi subhanalloh, itulah otak manusia yang sangat dahsyat bahkan sejak dalam rahimpun otak kita sudah merekam suara apa yang ia dengar di dunia luar. Maka ibu-ibu yang lagi hamil hati-hati memperdengarkan hal-hal tidak baik pada sang jabang bayi karena jabang bayi anda akan merekam apa yang ia dengar.

5. Beri reward yang ia mau dengan syarat ia harus hapal surat atau ayat alquran
Bunda cara ini bisa bunda gunakan pada anak yang sudah berusia 5 tahun keatas saat anak sudah punya keinginan pada sesuatu. misal anak anda menginginkan baju princes maka anda kasih syarat asal ia harus hapal misal surat alikhlas dengan benar maka anda baru akan membelikannya baju princes dan begitu terus sampai mungkin secara tidak sadar anak akan hapal banyak surat dalam alquran karena semakin banyak yang ia minta maka akan semakin banyak surat dan ayat yang ia hapal. dan hal ini bisa bunda buktikan. bisa jadi pada usia 7 tahun anak anda sudah hapal 30 zuz alquran.

Itulah bunda beberapa cara mengajari anak membaca alquran yang bisa bunda praktekan di rumah jika nanti ada cara-cara baru maka saya akan menambahkannya di tulisan ini. Semoga bermanfaat bagi bunda, ayah, dan si kecil.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: